- Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A;
- Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan
- Kompetensi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/ Paket C.
Pengertian Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Tujuan Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.
Ruang Lingkup Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Monitoring dan Evaluasi Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mengetahui ketercapaian dan kesesuaian antara Standar Kompetensi Lulusan dan lulusan dari masing-masing satuan pendidikan dan kurikulum yang digunakan pada satuan pendidikan tertentu perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala dan berkelanjutan dalam setiap periode. Hasil yang diperoleh dari monitoring dan evaluasi digunakan sebagai bahan masukan bagi penyempurnaan Standar Kompetensi Lulusan di masa yang akan datang.
Lampiran Permendikbud No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Lampiran Permendikbud No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan
Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu:
- Sikap,
- Pengetahuan, dan
- Keterampilan.
DIMENSI SIKAP
Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi sikap sebagai berikut.
Dimensi Sikap SD/MI/SDLB/ Paket A
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
- Berkarakter, jujur, dan peduli,
- Bertanggungjawab,
- Pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Dimensi Sikap SMP/MTs/SMPLB/ Paket B
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
- Berkarakter, jujur, dan peduli,
- Bertanggungjawab,
- Pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Dimensi Sikap SMA/MA/SMALB/ Paket C
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
- Berkarakter, jujur, dan peduli,
- Bertanggungjawab,
- Pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.
DIMENSI PENGETAHUAN
Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/ SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan sebagai berikut.
Dimensi Pengetahuan SD/MI/SDLB/ Paket A
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:
- Ilmu pengetahuan,
- Teknologi,
- Seni, dan
- Budaya
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Dimensi Pengetahuan SMP/MTs/SMPLB/ Paket B
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:
- Ilmu pengetahuan,
- Teknologi,
- Seni, dan
- Budaya.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Dimensi Pengetahuan SMA/MA/SMALB/ Paket C
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:
- Ilmu pengetahuan,
- Teknologi,
- Seni,
- Budaya, dan
- Humaniora.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional.
DIMENSI KETERAMPILAN
Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan sebagai berikut.
Dimensi Ketrampilan SD/MI/SDLB/ Paket A
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
- kreatif,
- Produktif,
- Kritis,
- Mandiri,
- Kolaboratif, dan
- Komunikatif
Melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan
Dimensi Ketrampilan SMP/MTs/SMPLB/ Paket B
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
- Kreatif,
- Produktif,
- Kritis,
- Mandiri,
- Kolaboratif, dan
- Komunikatif
Melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.
Dimensi Ketrampilan SMA/MA/SMALB/ Paket C
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
- Kreatif,
- Produktif,
- Kritis,
- Mandiri,
- Kolaboratif, dan
- Komunikatif
Melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.
Unduh Lampiran Permendikbud No 20 Tahun 2016 - Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
0 Comments:
Posting Komentar